VivoStick TS10, PC Super-mini Ber-OS Windows 10 Dari Asus.

vivostick-1

Belakangan ini maraknya tren PC mini berbentuk stick yg diperkenalkan Intel dengan produknya Intel Compute Stick membuat beberapa produsen PC tak mau kalah dalam mengeluarkan rivalnya. Salah satunya ASUS yg terkenal sebagai manufaktur PC dan perangkat IT, mulai memasarkan produk PC stick-nya, VivoStick TS10.

VivoStick TS10, PC dengan dimensi sangat kecil, benar-benar sebuah perangkat yg dapat merubah perangkat display dirumah kamu, seperti LCD TV atau LCD monitor (asalkan ada port HDMI-nya) menjadi sebuah komputer desktop pada umumnya, dengan operating system Windows 10 Home 64-bit. Jadi kamu bisa menggunakan display device berupa LCD TV/LCD monitor dirumahmu untuk menjalankan komputasi sehari-hari (everyday computing) seperti mengetik menggunakan Microsoft Word, spreadsheet menggunakan Microsoft Excel, membuat presentasi dengan Microsoft PowerPoint, menonton movie HD, musik, berinternet dll, pokoknya pekerjaan-pekerjaan yg biasa dilakukan oleh sebuah PC/laptop.

VivoStick TS10 ditenagai prosesor Intel Atom X5-Z8350 dengan kecepatan 1,44 GHz, pengolah grafis  Intel HD Graphics, RAM DDR3 sebesar 2GB  dan storage berupa e-MMC dengan kapasitas 32GB.

Untuk konektivitas ke internet atau smartphone kamu, VivoStick TS10 dilengkapi dengan modul WiFi dengan standar terkencang saat ini, 802.11b/g/n/ac dan Bluetooth 4.1. Sedangkan untuk menghubungkan ke perangkat pendukung seperti keyboard/mouse atau flashdisk, ada 1 buah port USB 3.0 dan 1 buah USB 2.0.  Untuk urusan audio, kamu bisa memilih suara dikeluarkan oleh speaker yg ada pada display device kamu atau lewat VivoStick ini langsung ke speaker yg lebih baik karena VivoStick ini juga menyediakan port audio 3,5mm. Tidak ada settingan yg diperlukan saat pertama kali memakai PC berukuran stick ini, kamu hanya perlu nyolokin ujung VivoStick yg berupa HDMI ke port HDMI pada perangkat display kamu seperti LCD TV atau LCD monitor, dan seketika berubah menjadi sebuah PC desktop siap pakai.

Menariknya, ASUS melengkapi VivoStick ini dengan sebuah aplikasi VivoRemote yg membuat smartphone atau tablet kamu menjadi keyboard dan mouse, so kamu ga perlu bawa-bawa keyboard dan mouse fisik kemana-mana. ASUS VivoRemote tersedia untuk OS Android dan iOS, bisa kamu download lewat Play Store atau App Store.

Menurut kami ini sangat menarik, karena tak harus bawa PC atau laptop yg termasuk gede jika dibandingkan VivoStick ini bila bepergian. Pada hotel-hotel sudah disediakan LCD TV disetiap kamar yg bisa kita pakai untuk berkomputer, tinggal colokin aja ke port HDMI yg dibelakang LCD TV tersebut, daan tugas berupa laporan atau presentasi bisa dikerjakan sambil liburan atau halan-halan, heuheu…

ASUS secara resmi menjual VivoStick TS10 ini mulai 8 April kemarin, dan kemungkinan sudah bisa kamu beli di dealer atau toko-toko komputer dikotamu. Mengenai harga, ASUS menjual dikisaran $195. Ya ngga jauh-jauhlah dari harga Intel Compute Stick.

Comments

Baca juga yang ini bray..