Qualcomm Mengumumkan Prosesor Pertamanya Untuk Segmen Enterprise

Qualcomm, pabrikan raksasa dibidang prosesor dan chipset untuk mobile device seperti ponsel dan tablet, tampaknya serius untuk ‘berperang’ di pasar komputer. Qualcomm menyiapkan sebuah prosesor dengan 24-core server berkinerja tinggi berbasis arsitektur ARM 64-bit. Prosesor mereka ini rencananya akan ditujukan untuk pasar server dan micro-server dengan menawarkan harga yg lebih murah, hanya membutuhkan pendinginan yg minimal, sangat efisien dalam pemakaian daya yg berarti memangkas biaya operasional. Banyak operating system Linux dan FreeBSD untuk segmen enterprise yg sudah mendukung arsitektur prosesor berbasis ARM 64-bit. ¬†Qualcomm melihat pasar yg potensial pada segmen ini dan kini mereka menginginkannya.

Beberapa waktu lalu Qualcomm memamerkan prototype dari prosesor pertama mereka yg mengusung 24 inti ini dalam packaging soket LGA (land-grid array), sama seperti pesaing mereka yg sudah lebih dulu bermain di prosesor server, Intel Xeon. Senior Vice President dari Qualcomm, Anand Chandrasekhar berkata bahwa prosesor pertama dari mereka ini menawarkan keuntungan lebih dari sekedar 24-core. Prosesor buatan mereka ini dapat digabungkan dengan tiga buah server blade yg menjalankan operating system Linux dengan KVM hypervisor, mampu men-streaming video HD ke PC memakai LAMP stack (Linux+Apache+MySQL+PHP) yg sudah terintegrasi bersama OpenStack. Target konsumen Qualcomm adalah perusahaan Intenet besar seperti Google atau Facebook yg pertahun selalu membeli ribuan server untuk mengatasi pertumbuhan pengguna dan lalu-lintas data.

Wah, nampaknya Intel dan AMD segera mendapat pesaing berat nih, mengingat hanya mereka berdua yg selama ini berbagi ‘kue’ di segmen prosesor server.

Comments

Baca juga yang ini bray..