Prosesor Snapdragon 830 Nantinya Akan Dibuat Pada Fabrikasi 10nm

Saat ini banyak vendor smartphone menunggu Qualcomm untuk memulai pemasaran smartphone mereka yg memakai SoC (system on chip) Snapdragon 820, dan beberapa mulai melirik opsi untuk memasarkan smartphone dengan SoC dari rival terkuat Qualcomm yaitu MediaTek. Beberapa pengamat pasar mengatakan bahwa Qualcomm menunggu momen yg tepat untuk memenangkan kembali pasar dengan penjualan SoC terbanyak yg sempat direbut oleh MediaTek. Sangat wajar jika MediaTek meraih penjualan SoC terbanyak, bagaimanapun smartphone entry-level yg memakai SoC dari MediaTek jelas sangat murah dan lebih besar pangsa pasarnya.

Snapdragon 830, SoC yg akan diberi kode MSM8998 dipastikan akan dibuat pada proses fabrikasi dengan kerapatan antar transistor 10nm. Ini berarti Snapdragon 830 akan mempunyai efisiensi tinggi yg menghasilkan chip dengan konsumsi daya rendah, smartphone yg memakai SoC ini mempunyai daya tahan batere yg lebih lama dan meminimalisir panas yg kerap menjadi keluhan pengguna smartphone kelas high-end.

Pada dasarnya, Snapdragon 830 adalah pengembangan dari SoC Snapdragon 820 yg dibangun pada proses fabrikasi 14nm. Pihak Qualcomm berkata bahwa Snapdragon tidak akan dipasarkan sebelum tengah tahun 2016.

Lha wong pemasaran smartphone ber-SoC Snapdragon 820 aja masih menunggu momen, setidaknya sampai berita ini diturunkan, hihi..

 

Comments

Baca juga yang ini bray..