AVG: Aplikasi SosMed Pada Smartphone Menghabiskan Paling Banyak Kuota, Batere dan Menurunkan Performa.

AVG, sebuah perusahaan pembuat anti-virus merilis laporan tentang aplikasi-aplikasi pada smartphone yg menghabiskan kuota, batere dan menurunkan performa smartphone yg menginstal aplikasi tersebut. Banyak dari aplikasi yg ada dalam laporan itu yg tentunya familiar dan mungkin juga terinstal pada smartphone kamu.

AVG mengumpulkan data secara acak dari aplikasi buatan mereka, AVG AntiVirus dan AVG Cleaner yg terinstal pada pengguna smartphone di Amerika, Inggris dan Australia, dan kemudian mengurutkan kedalam empat kategori. Chart dibawah ini memberi informasi 5 teratas aplikasi yg dijalankan pengguna secara manual:
AVG-app-report-Q2-2015

Pada kategori aplikasi yg menurunkan performa smartphone kamu, 5 aplikasi itu adalah Snapchat yg menempati urutan pertama, lalu ada Amazon Shopping, Spotify Music, aplikasi messaging LINE dan Samsung WatchON untuk menonton video. Rasanya dari ke-5 aplikasi itu hanya LINE yg cukup populer digunakan di Indonesia, dan ternyata masuk kategori aplikasi start-up yg menurunkan performa smartphone kamu. Sedangkan untuk kategori pemakaian kuota terbanyak, 5 aplikasi dalam chart tersebut tidak populer di Indonesia, begitu juga pada kategori aplikasi yg menghabiskan batere terbanyak. Yg cukup menarik, browser buatan Google yaitu Chrome ternyata masuk kedalam list aplikasi pada kategori aplikasi yg besar, dalam arti memakan cukup banyak pada storage atau tempat penyimpanan smartphone kamu. Google Chrome adalah browser terbanyak dipakai didunia, termasuk di Indonesia.

Seperti yg sudah dijelaskan, chart diatas adalah list dari aplikasi-aplikasi yg dijalankan pengguna secara manual. Tapi banyak aplikasi yg berjalan saat smartphone mulai dihidupkan (start-up apps), yg mana akan terus mempengaruhi performa, menghabiskan kuota data dan batere, tanpa perlu kamu jalankan karena sudah berjalan otomatis saat ponsel mulai dihidupkan. Dibawah ini list dari AVG:

Facebook menempati urutan teratas dalam 3 kategori sebagai aplikasi paling menurunkan performa, paling menghabiskan kuota dan berukuran besar, tapi beruntung bukan aplikasi yg paling menghabiskan batere. Aplikasi sosial media jelas menghabiskan banyak kuota, begitu juga aplikasi cuaca The Weather Channel dan anti-virus buatan Avast, tapi seharusnya kedua aplikasi itu tidak memakan terlalu banyak kuota, hanya berjalan pada background. Jangan lupa bahwa Instagram termasuk dalam list aplikasi yg menghabiskan kuota terbanyak. Walau Instagram termasuk start-up apps, kalau kamu tidak membuka maka Instagram tidak meminta data dari internet kecuali bila ada notifikasi.

AVG merekomendasikan untuk membersihkan history pada browser kamu, menghapus cache file secara berkala, membatasi waktu yg dihabiskan saat menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu dan memastikan untuk meng-update mereka. Untuk laporan yg lebih detail, silahkan klik link dibawah ini:

AVG Performance Report Q2-2015

 

 

Comments

Baca juga yang ini bray..