Smartwatch Dengan OS Android Wear Sekarang Bisa Dipakai Bersama iPhone

Google, seperti yg kita ketahui mengeluarkan produk berupa smartwatch yg membawa operating system Android Wear, sebelumnya hanya bekerja pada smartphone yg memakai OS Android juga.

Tampaknya Google ingin memastikan smartwatch bikinannya dipakai sebanyak mungkin oleh pemakai smartphone, bahkan pada smartphone ber-OS rival beratnya, iOS dari Apple Inc,.

Perusahaan raksasa yg produknya terkenalnya berupa search engine ini mengatakan bahwa smartwatch yg menjalankan OS Android Wear, yaitu sistem operasi yg dibuat oleh Google untuk wearable device, sekarang sudah bisa bekerja dengan produk dari Apple, yaitu iPhone.

Ini jelas gebrakan besar dari Google, karena sebelumnya smartwatch dengan OS Android Wear yg diproduksi oleh partner-partner Google seperti Samsung, Motorola dan LG hanya bekerja pada smartphone-smartphone ber-OS Android juga. Dengan terkoneksi ke pengguna iPhone, sebenarnya Google dapat meraih peluang untuk menjual smartwatch-nya lebih besar lagi, karena by the way Apple berhasil mengapalkan iPhone sebanyak 47,5 juta unit ke seluruh dunia

Google memasuki market smartwatch tahun lalu bersamaan dengan launching OS buatannya, Android Wear. Tapi sejauh ini masalah yg ditemui adalah konsumen masih belum bisa memastikan apakah mereka butuh sebuah sistem komputer pada pergelangan tangan mereka. Para produsen smartwatch yg membawa OS Android Wear secara keseluruhan (Samsung, Motorola, LG dll) hanya berhasil mengapalkan 720,000 unit pada tahun 2014 lalu, menurut perusahaan riset pasar, Canalys.

Sedangkan dari sisi Apple cukup gemilang, hanya pada kuartal lalu saja berhasil mengapalkan 4 juta Apple Watch, menurut Strategy Analytics, walau dari pihak Apple sendiri belum mau membuka mulut tentang kepastian jumlahnya.

Tapi saat ini pun, Android Wear masih mempunyai beberapa limitasi walau bisa terkoneksi dengan iPhone. Sebagai contoh, pengguna iPhone belum bisa terkoneksi dengan Android Wear ke jaringan Wi-Fi, kecuali menggunakan koneksi selular, padahal itu akan sangat membantu jika berada pada sebuah tempat dengan kondisi sinyal baik dan pengguna ingin meninggalkan smartphone mereka.

Pengguna iPhone juga tidak bisa mengakses 4,000 aplikasi Android Wear dari marketplace Google Play, seperti aplikasi socmed Pinterest lewat smartwatch ber-OS Andoid Wear. Tapi smartwatch ini dapat menampilkan notifikasi dari semua aplikasi yg terinstal pada iPhone.

Source

Comments

Baca juga yang ini bray..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *