Nglanggeran, Menapaki Pesona Gunung Api Purba.

Halo bray, bertemu lagi dengan KakiSeribu. Kali ini KakiSeribu akan nge-share info tentang salah satu objek wisata alam yang ada di Jogja. Yaps benar sekali, kali ini kita akan membahas tentang keindahan alam Gunung Api Purba atau biasa juga disebut penduduk sekitar sebagai Gunung Nglanggeran. Disebut sebagai Gunung Api Purba karena konon gunung yang tersusun atas batu-batu raksasa ini pernah aktif pada sekitar 60 juta tahun yang lalu. Gunung Api purba ini terletak di deretan pegunungan seribu, tepatnya di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Konon, dulunya Gunung Api Purba merupakan tempat untuk menghukum warga yang merusak wayang. Kata “nglanggeran” sendiri diambil dari kata “nglanggar” yang berarti melanggar. Namun terlepas dari legenda yang melekat padanya, gunung yang memiliki ketinggian 700mdpl ini merupakan gunung batu paling eksotik di Yogyakarta. Hanya dengan 1,5 jam pendakian saja kamu akan sampai di puncak barat Gunung Api Purba, yaitu Gunung Gede. Disepanjang perjalanan menuju puncak barat, kamu harus melewati medan yang cukup unik, mulai dengan memanjat menggunakan tali sampai melewati lorong sempit yang diapit oleh dua batu raksasa. Di malam hari, kamu akan disuguhi pemandangan lampu-lampu kota yang menawan. Sedangkan dipagi harinya, kamu akan melihat pemandangan yang terdiri dari hamparan hijau sawah, ladang dan indahnya waduk buatan atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama embung. Sungguh menakjubkan!

Dan di puncak lainnya yaitu puncak timur, ada dusun yang hanya terdiri dari 7 rumah penduduk lokal. Menurut tetua yang tinggal disana, puncak Gunung Api Purba hanya boleh dihuni oleh 7 keluarga saja tidak kurang tidak lebih atau akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Lagi-lagi terlepas dari cerita legendanya, puncak ini merupakan spot yang sangat strategis untuk menyaksikan sunrise. Tentunya pagi-pagi buta kamu kudu sudah berada disana.

Jadi bagi kamu yg sedang atau berencan berlibur keJogja, Gunung Api Purba Nglanggeran ini boleh kamu masukkan dalam itenary.

Comments