Keren, PC Modular Dari Acer Bisa Dibongkar-pasang Layaknya Lego.

Acer, sebuah perusahaan dibidang manufaktur PC, display dan mobile devices, baru-baru ini mengumumkan kehadiran PC desktop mereka yg unik dan inovatif, Acer Revo Build M1-601. Keunikannya adalah, PC ini dapat digonta-ganti komponennya seperti harddrive, unit pengolah grafisnya (GPU) dan unit wireless charging dengan mekanisme modular, dimana tiap blok komponennya dihubungkan dengan pin magnetik, tidak ada kabel, jadi kamu tidak perlu membongkar casing atau berurusan dengan kabel yg ribet, cukup copot pasang seperti lego. PC ini sendiri juga berukuran sangat kecil, berbentuk kotak dengan lebar 12,5 x 12,5 cm, sementara tingginya disesuaikan dengan blok modular yg terpasang.

Acer Revo Build ini membawa spek berupa prosesor dari Intel Pentium® atau Celeron® generasi ke-6 dengan arsitektur Skylake, RAM 8GB dan dapat di-upgrade kapasitasnya, internal storage sebesar 32GB untuk operating system-nya, dan kamu dapat menambahkan harddrive dengan pilihan 500GB atau 1TB dalam bentuk blok modular pada bagian atas PC ini. Acer juga menawarkan blok-blok modular berupa wireless charging, jadi kamu tidak perlu kuatir saat sedang berkomputer dan listrik terputus dan blok audio modular berisi speaker dan microphone. Blok modular berupa proyektor kabarnya juga sedang disiapkan Acer, yg berarti dengan satu unit PC mini ini dapat memproyeksikan tampilan layar ke dimensi yg lebih besar, misalkan untuk presentasi.

Ide dari Acer ini memang sangat menarik, sebuah PC mini dengan komponen modular yg mudah diganti-ganti, di-upgrade kemampuan grafisnya atau di-upgrade kapasitas penyimpanannya atau ditambahkannya blok modular berisi speaker yg dilengkapi microphone, bahkan kamu bisa menambahkan sebuah proyektor dalam PC mini ini dalam bentuk blok modular juga tanpa perlu membongkar casing, tanpa alat tambahan. Tapi masalah yg pertama adalah interface pin magnetik yg menghubungkan tiap blok modular dengan blok utama, apakah tidak menjadi bottleneck pada kecepatan transfer mengingat komponen grafis atau harddrive mempunyai standar interface PCIE dan SATAyg berkecepatan tinggi? Lalu bagaimana dengan ekosistemnya? Seberapa banyak pabrikan yg sudah bergabung dengan standar desain Acer Revo Build dan memproduksi blok-blok modular saat ini dan kedepan?

Terlepas dari pertanyaan-pertanyaan diatas, Acer Revo Build M1-601 tetaplah sebuah produk PC desktop yg unik dan revolusioner dari Acer. Revo Build direncanakan segera dirilis Acer mulai Oktober nanti secara global dengan kisaran harga US$223 – US$319 (tiap negara mungkin berbeda). Minat bray? Tunggu masuk ke Indonesia ya. Sebuah video dari Windows Central bisa kamu lihat untuk mengenal lebih dekat tentang Revo Build.

Comments

Baca juga yang ini bray..